Kaidah Tawahhum dalam Bahasa Arab









Bismillah, walhamdulillah, wassolatu wassalamu ala Rasulillah, wa ala alihi wa man walah..

Bertepatan dengan Hari Bahasa Arab sedunia (18 Desember),, saya mau tulis suatu kaidah dalam bahasa arab, lebih spesifik nya nahwu,, yaitu kaidah tawahhum (التوهم).

Sebelumnya mohon maaf kalo bahasa saya sekena nya..


Tawahhum..

Tawahhum tuh menghayal..
Ada suatu masa ketika terdapat nash nash yang menyelisihi kaidah umum nahwu, dan tidak bisa diselesaikan..
Gimana nyelesain nya?
Ya menghayal..
Tapiiii,, menghayal sesuatu yang mungkin, bukan yang mustahil..

Seperti ayat:

لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَىٰ أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُن مِّنَ الصَّالِحِينَ

Di sana ada masalah,, kenapa kalimat أكن majzumah? padahal dia atof kepada فأصدق yang mansubah..
Sedangkan atof harus sama secara irob..
Maka ahli nahwu menghayal..
Menghayal kalo ف dari kata فأصدق itu ilang.. karena kalo fa tersebut ilang,, akan menjadi أَصَّدَقْ (majzumah),, maka sah lah atof akun kepada assoddaq karena sesama majzum..

Definisi tawahhum sendiri adalah:

أنْ يتخيلَ النحاةُ سياقًا أو معنا في آيةٍ أو بيت ما، ثُم يفسرون به حكما إعرابيا ظاهرُه يخالفُ قواعدَه

Dari ayat tadi, para nuhat (pakar nahwu) bingung itu kalimat akun yang majzumah atof ke mana? Sedangkan fa-assoddaqo dia mansubah.
Maka mereka mengkhayal suatu siyaq atau makna (yang secara nahwu boleh),, kemudian memecahkan masalah nahwu tadi dengan siyaq khayalan ini..

Thayyib,, apa jadinya irob akun??

أكن مجزومة معطوفة على فأصدق المجزومة لسقوط الفاء توهما أي تخيلا



Kemudian ada bait nih:

بدا لي أني لستُ مدركَ ما مضى
ولا سابقٍ شيئا إذا كان جائيا

Kalimat mudrika dia mansubah karena khobar laisa, betul? 
Masalahnya..
Terus sabiqin dia atof ke mana? Sabiqin majruroh, sedang mudrik mansubah,, ini atof tidak sah..

Nuhat bingung, ga ada cara lain kecuali mengkhayal (pasti nya sesuatu yang mungkin secara nahwu,, bukan mustahil)..

Pada bait ini, nuhat mengkhayal sebuah siyaq,, yaitu ada nya huruf ba sebelum kalimat mudrik, maka menjadi: لستُ بِمدركٍ lastu bimudrikin (ini siyaq hayalan). 
Jika seperti ini, sah lah atof kalimat sabiqin kepada mudrik,, karena sama sama majruroh..
Sabiqin majruroh asli, mudrikin majruroh khayalan (hasil mengkhayal adanya huruf ba)..

Maka irob kalimat sabiqin pada bait:

سابقٍ مجرورة معطوفة على مدركَ المجرورة باقتران حرف الباء الجار توهُّما أي تخيلا


Meskipun demikian, nuhat mengkhayal ga seenak jidat..
Tapi mereka mengkhayal sesuatu yang mungkin secara nahwu,, bukan yang mustahil..

Bukankah adanya huruf ba sebelum khobar laisa merupakan sesuatu yang mungkin??
Ya, mungkin sekali, banyak di Quran..
Contohnya:

أليس اللهُ بِكافٍ عبدَه
أليس اللهُ بِأحكمِ الحاكمين 


Adapun menghayal sesuatu yang tak mungkin secara nahwu,, fala yajuz, tak boleh..

Pertanyaan:

Apakah ada jalan lain selain pake cara tawahhum dalam menyelesaikan masalah-masalah nahwu seperti ini? 

Jawabannya tak ada jalan lain..


والله تعالى أعلى وأعلم



Diambil dari muhadoroh Dr. Robi Jum'ah Ghafir di Fakultas Dirosat Islamiyyah wa Arobiyyah Tk. III Matkul. Dirosat Arobiyyah..

Terakhir,, semoga mahasiswa Fakultas Dirosat Islamiyyah wa Arobiyyah diberikan kemudahan dalam menempuh ujian tahun ini,, amin..


Muhammad Irfan Attasiki

Mari membangun peradaban mulia!

No comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com